Minuman Tradisional Khas Korea Selatan

Minuman Tradisional Khas Korea Selatan
Minuman Tradisional Khas Korea Selatan

Malang, Djangka News — Jika membahas tentang makanan Korea, beberapa mungkin sudah mengetahui yaa. Mengingat menu makanan Korea sudah ada banyak dipakai di beberapa restoran di negara tercinta kita ini. Nah, kali ini Djangka News akan membahas tentang minumannya. Minuman khas Korea yang mungkin belum pernah kalian coba, atau bahkan yang belum pernah kalian dengar keberadaan nya.

 

Selain Soju, minuman beralkohol yang sering kita temui di Drama Korea ini, ternyata masih banyak lagi minuman khas dari Korea yang mungkin ingin kalian coba. Mulai dari minuman beralkohol ringan, minuman nonalkohol, bahkan sampai susu pisang.

 

Ini dia daftar minuman khas Korea yang sudah di rangkum oleh Djangka News untuk kalian coba!

 

Soju

037294000_1598524733-1

Source : Google

Ini dia minuman yang sangat populer dan eksis di kalangan penggemar K-pop ataupun K-drama.

 

Soju ini adalah minuman beralkohol paling populer dari Korea. Walaupun bahan baku soju tradisional adalah beras, sebagian besar produsen soju memakai bahan tambahan atau bahan pengganti beras seperti kentang, gandum, jelai, ubi jalar, atau tapioka. Minuman ini bening tidak berwarna dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Bahkan saat ini sudah banyak ditemukan Soju dengan rasa buah-buahan.

 

Sikhye

zigi-615175bb6fbaa-minuman-sikhye_665_374

Source : Google

Kalau minuman yang satu ini paling sering kamu lihat di acara variety show Korea seperti “Running Man” atau “Happy Together”. Minuman ini biasanya banyak di jual dan menjadi favorit di Jimjilbang (Rumah Spa dan Pemandian Air Hangat Tradisional Korea). Sikhye terbuat dari beras dan air rendaman gandum. Rasanya yang unik ini sangat membuat candu dan hanya bisa kamu temukan di Korea Selatan.

 

Corn Tea

60403aa0815ea

Source : Google

Satu lagi minuman khas dari Korea Selatan yang sudah banyak dikonsumsi oleh K-popers Indonesia selain Soju, Corn Tea alias teh jagung. Seperti namanya, teh ini terbuat dari jagung kering atau biji jagung bakar. Konon, banyak orang mengkonsumsi teh jagung tidak hanya untuk kesehatan tapi juga bisa mengecilkan rahang dan membentuk rahang menjadi bentuk v-line.

 

Omija Tea

ErNAGRLVcAETHDG

Source : Google

Teh dengan tampilannya yang cantik ini akan membuat kamu sulit untuk membedakannya dengan sirup stroberi. Minuman dengan warnanya yang merah terang ini memiliki arti 5 rasa berry yaitu manis, asam, pahit, asin, hingga pedas yang tercampur menjadi satu. Orang Korea sendiri memang dikenal suka mengonsumsi olahan dari buah berry, karena menurut mereka khasiatnya sangat baik untuk kesehatan.

 

Baekseju

20161025030149574_200.0

Source : Google

Minuman beralkohol ini menyehatkan, kok bisa? Korea terkenal dengan budaya minumnya, tentu saja menciptakan minuman beralkohol yang sehat bukan hal yang tidak mungkin di Korea. Baekseju ini terbuat dari berbagai fermentasi herbal seperti seperti ginseng dan berry. Minuman ini pun disebut sebagai Wine-100 tahun, karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan dan akan membuat orang yang meminumnya menjadi panjang umur.

 

Bokbunja Ju

Bokbunjaju

Source : Google

Minuman khas Korea satu ini adalah Bokbunja ju, terbuat dari blackberry. Buah ini diracik jadi wine merah yang dipercaya orang Korea bisa meningkatkan kesuburan para pria.

 

Sebagai minuman berjenis wine, Bokbunja ju lebih nikmat diminum saat dingin. Minuman yang merupakan fermentasi buah berry ini rasanya cukup manis, dan kadar alkohol dalam minuman ini adalah 15 hingga 19 persen.

 

Daechu Tea

w1200 (1)

Source : Google

Minuman teh yang satu ini berasal dari jojoba kering atau kurma asli Korea. Teh ini berwarna merah gelap dan rasanya gurih. Kaya akan zat besi, teh ini bermanfaat untuk mengurangi gangguan anemia dan rasa capek.

 

Tak hanya itu saja khasiatnya, teh ini bisa juga untuk meningkatkan nafsu makan dan mencegah penuaan dini. Hal yang paling penting, teh ini bisa meningkatkan sistem reproduksi dan menenangkan saraf serta pikiran. Umumnya, teh ini disajikan pada acara besar. Selalu menjadi sajian dalam tradisi pernikahan tradisional di Korea.

 

Sujeonggwa

sujeonggwa-Korean-cinnamon-ginger-punch-ohead-pic-1

Source : Google

Fruit punch tradisional khas Korea adalah Sujeonggwa. Minuman ini terbuat dari kesemek kering, jahe, serta campuran kayu manis. Umumnya diberi kacang pinus untuk pemanis saat disajikan.

 

Minuman ini sangat pas dinikmati saat liburan tahun baru dan Korean Moon Festival atau kala pesta barbeque. Bisa disajikan saat panas maupun dingin, sesuai selera. Kamu bisa membuat sendiri dengan merebus semua bahannya selama 40 menit lalu saring. Sajikan dengan gula agar lebih nikmat.

 

Banana Milk

Banana-Milk-Shake-Milk-Shake-Sehat-Kaya-Manfaat-Buah-Pisang

Source : Google

Nah, ini adalah yang terakhir dan sering juga kita temui di beberapa drama Korea. Minuman satu ini bisa untuk segala usia. Di Korea, minuman ini umumnya dikonsumsi anak kecil. Susu pisang ini rasanya sangat sederhana dan manis.

 

Merek paling ternama dari banana milk ini adalah Binggrae. Pemasaran mereka bekerja sama dengan Lee Min Ho dan Girls Generation. Sangat diminati dan mudah ditemukan di beberapa toko di pinggir jalan Korea.

 

Bicara soal Binggrae, pabrik ini berdiri dari tahun 1974 silam. Perusahaan ini memang dikenal sejak lama sebagai pemimpin industri susu di Korea. Saat Binggrae muncul bertepatan dengan banyaknya anak kekurangan gizi di Korea. Ini sebabnya produk Binggrae cepat populer dan langsung banyak digemari.

 

 

 

 

Itu dia beberapa minuman khas Korea yang sudah Djangka News rangkum untuk kalian. Tertarik untuk mencoba?

Mungkin beberapa minuman yang tidak memiliki kadar alkohol di dalamnya bisa di coba nih untuk menu buka puasa kalian teman-teman 💥

 

 

Penulis : Widiya Lorensa Putri

Uploader : Satria

Share this Post:
Posted by Djangkanews.com